Kamis, 09 Desember 2010

3.Qui, qui? Oh, VIRUS!

Bentuk
         Huruf T                                                       Heliks








Bentuk Lain : Bulat, Polihidris

Sejarah
Semuanya berawal dari penelitian penyakit penghambat pertumbuhan tanaman tembakau. Pada 1883, Adolf Mayer, menemukan bahwa penyakit tersebut menular. Namun ia tidak menemukan mikroba dalam getah tanaman yang merupakan sumber penyakit tersebut. Karena itulah disimpulkan bahwa penyakit disebabkan oleh organisme yang lebih kecil dari mikroba. Pada 1892, Dimitri Ivanowsky menemukan bahwa penyaring bakteri tak bisa menghentikan penyakit ini. Kesimpulannya membawa pada hasil yang sama yaitu organisme yang lebih kecil. Pada akhirnya Martinus Beijerinck menemukan bahwa infektor itu dapat berreproduksi karena kemampuannya sama walau getahnya dibagi. Pada 1935, Wendell Meredith Stanley berhasil mengkristalkan penyebab penyakit ini dan akhirnya dikenal dengan virus. Membuktikan kebenaran kesimpulan Beijerinck.


Ciri
-Aseluler
-Berreproduksi
-Bisa dikristaliskan
-Memiliki DNA/RNA
-Terdiri dari Asam Nukleat
-Memiliki selubung protein
-Tak bisa dimusnahkan

Reproduksi
Kegunaan
Vaksin
Dengan melemahkan virus, vaksin dapat dibuat. Memberi informasi bagi tubuh untuk menyiapkan perlawanan jika tubuh diserang virus yang sama.

Anitoksin
Dengan modifikasi genetik, virus bisa dipakai untuk mengubah kegunaan bakteri dan menginjeksikan kemampuan seperti memproduksi berbagai antitoksin.

Menyerang Bakteri
Dengan menciptakan virus yang baik, manusia dapat mengendalikan virus dan menyuruhnya menyerang sel bakteri tertentu, membantu menyembuhkan berbagai penyakit manusia yang sukar disembuhkan.

3 komentar:

  1. Virus sebagai salah satu oranisme yang paling aneh dan mematikan di dunia harus diteliti. Sebagai makhluk yang tidak bisa dibunuh, penanganan virus harus dilakukan secara hati-hati. Jika digunakan secara benar, pedang bermata dua ini bisa dipakai untuk menyerang penyakit musuh manusia atau menggunakan virus untuk mengubah susunan genetik bakteri untuk penghasil antitoksin. Dengan penanganan lebih lanjut, virus bisa digunakan sebagai teknologi untuk lebih jauh membantu manusia dalam berbagai hal terutama dalam penanganan penyakit.

    BalasHapus
  2. Virus masih dipertanyakan hingga sekarang di dunia biologi. Tidak bisa didefinisikan sebagai makhluk hidup, namun tidak juga dapat didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup. Virus sangatlah unik, dan perlu kita pelajari. Virus merupakan makhluk yang sangat mematikan dan berbahaya. Tujuan kita mempelajari virus adalah untuk menghindarinya. Kebanyakan virus akan menyerang antibody kita, maka pelajaran ini sebenarnya sangat diperlukan.

    BalasHapus
  3. Virus adalah kingdom terkahir yang ditemukan namun masih diperdebatkan apakah dia masuk ke dalam makhluk hidup atau tidak. Virus sangat perlu dipelajari karena perlu pemahaman yang mendetail mengenai suatu virus agar kita bisa membuat obat-obat untuk virus tersebut. Kebanyakan virus merupakan asal dari penyakit-penyakit yang berbahaya di dunia

    BalasHapus