Jumat, 10 Desember 2010

5. Monera.. The Ex-Kingdom

Sejarah
Monera adalah salah satu Kingdom dari sistem klasifikasi 5 kingdom yang tergeser karena perubahan klasifikasi menjadi 6 kingdom. Kingdom Monera pada awalnya terdiri dari bakteri dan ganggang hijau-biru

Bagian bakteri sudah dijelaskan pada artikel di sini.

GANGGANG BIRU (Cyanophyta)
                               
Ganggang Biru merupakan ganggang bersel satu berbentuk koloni atau benang multisel. Selain mempunyai klorofil ganggang biru mempunyai fikosianin (biru) dan fikoeritrin (merah) dengan warna biru yang dominan.
Cara reproduksi dilakukan dengan :
-  pembelahan sel
-  fragmentasi (pemutusan), terjadi pada yang bentuk benang
-  spora
Ganggang biru dapat kita temukan di laut, kolam, reservoir, air tenang/ megalir. Juga menempel pada batu-batuan, tanah, kayu, bahkan di sumber air panas.

Manfaat ganggang biru dalam kehidupan :
-    Nostoc, Anabaena, Gloeocapsa dapat mengubah N2 bebas menjadi senyawa nitrat.
-    Anabaena azolla hidup bersimbiosis dengan Azolla pinnata (Pteridophyta), daun Azolla pinnata dapat dibuat kompos.
-    Spirullina merupakan ganggang biru yang mengandung protein dengan kadar tinggi.
-    Ganggang biru banyak dikembangkan PST (protein sel tunggal), sebagai makanan orang Africa (Chad) dan Mexico. 

4 komentar:

  1. Monera, sebagai sebuah Kingdom yang tidak terpakai lagi, kita harus mengetahui sejarahnya dan mengapa Ia tidak lagi merupakan sebuah Kingdom. Klasifikasinya yang meliput bakteri dan ganggan hijau biru membuatnya sebuah kingdom yang unik. Dengan pemanfaatannya yang besar dan kecendrungannya mengarah ke protista, adalah baik jika kingdom ini memang dihapus dan digantikan ke sistem 6 kingdom yang secara lebih efektif telah menjelaskan kemiripan ganggang hijau biru dan ganggang lainnya yang ada dalam protista.

    BalasHapus
  2. Selain yang Evan katakan di komentar atas, monera juga ternyata memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Meskipun sering dianggap tidak berguna, tapi di masa sekarang ini, keberadaan Monera sering dijadikan bahan penelitian oleh para ahli. Semoga tujuan kami untuk memberikan informasi baru untuk orang-orang di luar sana bisa tercapai. Terima kasih!

    BalasHapus
  3. Monera merupakan kingdom yang sudah terhapuskan. Awalnya, monera adalah gabungan dari bakteri dan ganggang hijau biru. Namun dewasa ini, ditemukan perbedaan yang cukup banyak antara bakteri dan ganggang hijau biru itu. Maka sekarang kingdom itu dipisahkan. Bakteri memiliki kingdomnya sendiri, begitu juga ganggang yang sekarang dimasukkan ke dalam kingdom protista.

    BalasHapus
  4. Monera merupakan kingdom di bawah protista. Monera terdiri dari bakteri dan juga ganggang biru. Dari struktur nya kita bisa melihat bahwa makhluk hidup ada yang begitu kompleks dan begitu simpel seperti makhluk hidup di kingdom ini. Monera merupakan kingdom yang mahkhluk hidupnya belum memiliki membran inti.

    BalasHapus